Pemuda: Generasi Penerus Dan Pelurus Bangsa

    Author: Ady Ahmed Genre: »
    Rating


    Ratusan tahun negara kita ini tertindas oleh kekuasaan kaum kolonialis. Perjuangan untuk melawan dan meraih kemerdekaan pun tak henti-henti dari segenap elemen masyarakat Indonesia. Rasa tertindas inilah yang melecutkan semangat perjuangan untuk mengangkat harkat dan martabat hidup orang-orang pribumi Indonesia.

    Lebih kurang 83 tahun yang lampau, para pemuda yang mewakili segenap rakyat Indonesia mencetuskan sebuah ikrar. Ikrar yang menandai bangkitnya bangsa Indonesia untuk melawan kekejian kaum penjajah. Kemudian hari, ikrar tersebut dikenal sebagai Sumpah Pemuda. Sehingga setiap tanggal 28 Oktober kita memperingati hari Sumpah Pemuda.

    Lebih kurang, beginilah bunyi Sumpah Pemuda dalam versi orisinal:
    Pertama. Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
    Kedoea: Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
    Ketiga: Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

    Dari isi ikrar tersebut sudah jelas ditekankan tentang persatuan dan kesatuan di Indonesia. Pasalnya, Indonesia adalah negara kepulauan, memiliki kultur yang beragam dan tidak dapat ditampik lagi bahwa rasa persatuan dan kesatuan mesti dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Rasanya tepat jika sekarang, kita membicarakan masalah persatuan dan kesatuan. Dimana belakangan ini banyak terjadi kasus dari perbedaan baik kultur, ras hingga golongan di Indonesia.

    Pemuda Indonesia adalah generasi penerus bangsa. Pewaris budaya-budaya luhur yang ditinggalkan sejak zaman nenek moyang. Mungkin sudah hilang dari ingatan kita tentang budaya-budaya luhur bangsa Indonesia. Dimana sekarang, lebih dominan budaya asing yang masuk, muncul dan merasuk ke dalam masyarakat Indonesia ketimbang budaya aslinya, memaksa Indonesia melupakan jati dirinya sendiri.

    Sudah terbiasa telinga kita mendengar kata-kata korupsi disetiap berita yang muncul baik televisi, radio maupun koran. Kebobrokan moral yang sering ditunjukkan sekarang ini, rasanya amat sulit untuk dihilangkan dari orang-orang yang masih terlibat di dalam roda pemerintahan. Harapan merubah keadaan bangsa jelas tertumpu kepada generasi muda yang jujur, adil dan bijaksana.

    Rasa prihatin terhadap keadaan maupun segala kejadian di negeri sendiri, sudah sepantasnya dijadikan refleksi bagi para pemuda untuk berkontribusi meraih masa depan bangsa. Ingatlah bahwa generasi muda bukan hanya sebagai generasi penerus melainkan juga sebagai generasi pelurus. Harapan bangsa ini sepenuhnya diletakkan di atas pundak generasi muda.

    Disinilah peran aktif pemuda Indonesia dituntut, sudah saatnya pemuda bergerak untuk membawa bangsa ini menyongsong masa depan yang cerah.[]

    2 Responses so far.

    1. mantapsssss ...keren .... salam sumpah pemuda

      ngatlah bahwa generasi muda bukan hanya sebagai generasi penerus melainkan juga sebagai generasi pelurus.

    2. Ady Ahmed says:

      hehehe... semangat pemuda mas!

    Leave a Reply

    Silakan berkomentar dengan baik dan benar...
    Terima kasih atas kunjungan dan sekelumit komentarnya... :)

    Pengikut

    Copyright and Disclaimer

    © All pictures and text on the adyfir1428.blogspot.com are copyright. Copyright is vested in the My Free Copyright (myfreecopyright.com).

    You may download anything on these pages for your own personal, non-commercial use, including using the pictures on your own website if a copyright notice is included.

    For any other purpose please contact: Ady Ahmed on Facebook.